Menggunakan Jaringan Analitis untuk Seleksi Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang Disesuaikan dengan Strategi Bisnis

Sumber : Alberto de Madeiros Jr, Gilberto Perez, Sergio Lex. (2014). “Using Analytic Network for Selection of Enter-Prise Resource Planning Systems (ERP) Aligned to Business Strategy”. Journal of Information Systems and Technology Management. Vol. 11, No. 2, May/Aug., 2014 pp. 277-296.


Enterprise Resources Planning (ERP) merupakan sistem informasi yang digunakan perusahaan untuk mengoordinasikan seluruh informasi, sumber daya, divisi, dan aktivitas yang ada terdapat pada perusahaan. Diperlukan proses seleksi yang kompleks dalam pemilihan sistem ERP karena penerapan sistem ERP membutuhkan biaya besar dan pelatihan oleh konsultan handal namun tidak ada jaminan keberhasilan dari penggunaan ERP. Banyak perusahaan yang gagal mengimplemetasikan ERP. Faktor penyebab utamanya adalah ketidakpahaman mengenai sistem ERP yang digunakan. Untuk keberhasilan penggunaan, ERP harus dikostumisasi sesuai kondisi perusahaan dan user harus menguasai ERP yang diterapkan di perusahaan. ERP juga harus di update setiap adanya perubahan di dalam perusahaan pengguna ERP.


Mata Kuliah : Management Information System

Dosen : Dr. Ir. M. Dachyar M.Sc

Leave a comment